Beranda Perbandingan Gadget Samsung Galaxy J2 Prime vs Galaxy J1 2016, Pilih Mana?

Samsung Galaxy J2 Prime vs Galaxy J1 2016, Pilih Mana?

11269
0

Samsung Galaxy J2 Prime vs Galaxy J1 2016, Pilih Mana? – Kali ini admin bakal membuat sebuah pembahasan soal perbandingan antara dua produk smartphone andalan Samsung di kelas entry level yakni Galaxy J1 2016 dengan Galaxy J2 Prime. Dan seperti biasa, pembahasan ini akan mengulas kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perangkat, berdasarkan data diatas kertas.

Ingat yaa, ini berdasarkan data diatas kertas! Artinya, ini bukanlah review karena admin belum pernah melakukan pengujian langsung terhadap kedua perangkat tersebut, sehingga bisa saja pengalaman ketika menggunakannya bisa saja berbeda dengan apa yang admin tuliskan disini.

Bagus Mana Antara Samsung Galaxy J2 Prime dengan Galaxy J1 2016?

Bagusan Galaxy J2 Prime atau J1 2016Kedua smartphone dengan harga terpaut 200 ribuan ini sama-sama mengandalkan dukungan konektivitas 4G LTE untuk menarik minat konsumen. Namun jika diintip sedikit lebih dalam, ternyata perbedaan yang sangat mencolok sudah dapat kita lihat dari segi fisiknya saja. Ya, Galaxy J2 Prime dibekali dengan layar lebih besar yakni 5.0 inch, plus sedikit lebih tajam dengan kepadatan pixel 220 ppi. Sementara Galaxy J1 2016 hanya berbekal layar 4.5 inch dengan kepadatan pixel 207 ppi.

Namun demikian, panel layar yang digunakan oleh Galaxy J1 2016 lebih baik berkat penggunaan teknologi panel AMOLED, yang diatas kertas bakal mampu menampilkan gambar dengan warna yang lebih kaya dibandingkan panel PLS TFT yang digunakan oleh Galaxy J2 Prime, serta dapat lebih terlihat jelas ketika digunakan dibawah sinar yang sangat terang.

Lalu untuk urusan performa, sebenarnya Galaxy J2 Prime sudah meninggalkan Galaxy J1 2016 cukup jauh karena sudah menggunakan arsitektur prosesor yang lebih modern. Chipset MediaTek MT6737T yang memiliki CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 (64-bit) menjadi andalan bagi Galaxy J2 Prime, yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 1.5GB. Sistem operasi yang digunakannya pun sudah menggunakan Android versi Marshmallow. Kekuatan yang dimilikinya itu jelas melampaui Galaxy J1 2016 yang mengandalkan chipset Spreadtrum SC9830 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 (32-bit), RAM 1GB, serta berjalan dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1.

BACA JUGA : Bagusan Mana, Prosesor Quad-core, Octa-core, atau Hexa-core?

Berdasarkan specs tersebut, diatas kertas, Samsung Galaxy J2 Prime bakal mampu melakukan urusan multitasking dengan sedikit lebih baik, respon yang sedikit lebih cepat, serta pengolahan data yang juga bakal lebih singkat. Lanjut ke urusan kamera. Dari sisi ini pun, Galaxy J2 Prime sedikit lebih unggul di angka besaran megapixel nya.

Ia membawa kamera utama beresolusi 8 megapixel dengan aperture f/2.2, plus kamera depan 5 megapixel aperture f/2.2 serta dukungan LED flash di bagian depan dan belakangnya. Sementara, Galaxy J1 2016 hanya mempunyai kamera beresolusi 5 megapixel aperture f/2.2 di bagian belakang, plus 2 megapixel aperture f/2.2 di bagian depan dengan dukungan LED flash di bagian belakangnya saja. Namun perlu dicatat bahwa besarnya angka “megapixel” pada kamera bukanlah patokan bagus tidaknya sebuah hasil foto. Silakan cari tau lebih lanjut mengenai hal ini di blog Techijau.com dengan mencarinya di Google:

Apa yang menentukan kualitas kamera hape techijau

Lalu untuk penyimpanan, keduanya sama-sama mempunyai kapasitas memory internal sebesar 8GB yang juga sama-sama bisa ditambahkan microSD hingga kapasitas 256GB. Namun untuk Galaxy J2 Prime, kita hanya akan bisa menggunakan 1 SIM saja jika kita memilih untuk menambahkan microSD. Dan kesemua fiturnya itu ditenagai oleh baterai berkapasitas 2050 mAh pada Galaxy J1 2016, dan juga 2600 mAh pada Galaxy J2 Prime.

Namun perlu admin ingatkan lagi bahwa ukuran layar yang lebih kecil serta panel AMOLED yang digunakan oleh Galaxy J1 2016 memberikan keuntungan tersendiri karena akan lebih sedikit memakan daya, sehingga mungkin perbedaan daya tahan baterai diantara keduanya takkan jauh beda. Nah, itulah poin-poin perbedaan antara kedua smartphone andalan Samsung tersebut. Untuk urusan harga, Galaxy J1 2016 jelas lebih murah dengan banderol sekitar Rp 1.499.000. Sementara Galaxy J2 Prime dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.699.000

Jadi menurut kamu, mendingan pilih yang mana? Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here